Google Authenticator Sebagai Solusi Lain untuk 2 Langkah Memverifikasi Akun

Jika saat ini anda sedang mengaktifkan pengamanan akun Google dengan menggunakan verifikasi 2 langkah, disini saya akan menambahkan informasi tambahan terkait verifikasi 2 langkah akun Google.  Namun, jika anda belum mengaktifkan verifikasi 2 langkah, saya sarankan untuk mengaktifkannya karena Verifikasi 2 Langkah dapat mengamankan akun anda jauh lebih baik.

Setelah anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah, ketika anda berhasil login dengan username dan password, anda akan dimintai kode verifikasi yang secara default akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang anda daftarkan saat anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Nah disini, jika anda sering login di komputer yang bukan milik anda, tidak efisien jika anda terus menunggu adanya SMS kode verifikasi ke ponsel anda. Salah satu cara agar anda tidak perlu menunggu SMS kode verifikasi adalah dengan menggunakan Google Authenticator. Aplikasi ini akan secara otomatis melakukan generate kode verifikasi anda, sehingga anda tidak perlu lagi menunggu adanya SMS kode verifikasi ke ponsel anda lagi. Aplikasi Google Authenticator dapat di download di Google Authenticator on Google Play atau Google Authenticator on App Store.

Namun, untuk mengubah setelan dari pengiriman kode verifikasi melalui SMS ke ponsel anda (secara default) dengan menggunakan Google Authenticator, perlu dilakukan beberapa hal berikut:

1. Setelah anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah, masuk ke My Account -> Signing to Google ->2-Step Verification anda akan melihat seperti gambar dibawah ini:
Inline image 1
2. Lalu pilih Switch to app, anda akan melihat:
Inline image 2
3. Setelah anda download Google Authenticator pada perangkat anda (khususnya untuk Android, anda masih perlu melakukan download zxing barcode scanner untuk membaca barcode pada perangkat anda jika perangkat anda tidak dapat membaca barcode secara default). Kemudian anda dapat memilih salah satu jenis perangkat yang anda miliki lalu pilih Continue.
4. Anda dapat membuka Google Authenticator App, kemudian ikuti langkah setelah anda anda memilih tombol Continue seperti gambar diatas. Anda akan melihat instruksi langkah seperti  pada gambar dibawah.
Inline image 4
5. Setelah melakukan scanning barcode menggunakan Google Authenticator, anda akan melihat  kode verfikasi pada perangkat anda dan masukkan ke field Code seperti gambar diatas lalu pilih verify and save.
6. Kemudian anda akan melihat pada bagian verification codes akan berubah menjadi Google Authenticator app seperti gambar dibawah.
Inline image 5

Semoga post ini berguna bagi anda yang tidak ingin menunggu SMS ke ponsel ketika setiap kali anda login akun Google anda.

Comments

Popular posts from this blog

Wireshark dan Cara Penggunaannya

Konversi Antar Sistem Bilangan

AT Command Tester