Lebih Dekat dengan Bahasa Pemrograman C

Bahasa C mulai dikembangkan pada awal tahun 1970-an oleh Brian Kernighan dan Dennis Ritchie. Bahasa C merupakan bahasa multi guna atau general purpose language dan industrial strength language. Bahasa C dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi,seperti pemrograman sistem, database, browser, pemrograman jaringan, permainan, game, dan masih banyak lagi.

Bahasa C sangat popular di dunia pemrograman khususnya di industri perangkat lunak. Karena hingga saat ini bahasa C masih digunakan untuk pengembangan program dan system operasi yang salah satunya adalah system operasi Windows. Namun sayangnya bahasa C tergolong bahasa yang susah untuk di pelajari karena bersifat procedural murni. Untuk membentuk suatu objek, kita harus menuliskan banyak sekali kode.


Bahasa C mempunyai banyak keuntungan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya:
1. Bahasa yang memberikan banyak keleluasaan dalam membangun aplikasi bagi penggunanya.
2. Memiliki kecepatan eksekusi mendekati kecepatan eksekusi bahasa Assembly, namun memberikan kemudahan yang tidak ditawarkan bahasa Assembly.
3. Dasar bagi pengembangan bahasa pemrograman lain yang juga berorientasi pada objek. Maksudnya bahasa C ini dapat memberikan pemahaman yang sangat membantu ketika kita akan mempelajari bahasa pemrograman yang lain seperti JAVA.


Sumber : Sutanta, Edhi. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Raharjo, Budi. 2010. Pemrograman C++. Bandung : Informatika.

Comments

Popular posts from this blog

Wireshark dan Cara Penggunaannya

Konversi Antar Sistem Bilangan

AT Command Tester