Crimping

Ada yang tau apa itu crimping guys? Hmm, kalo belom ada yang tau, yuk sama sama kita pelajari tentang apa sih sebenarnya crimping itu dan gunanya untuk apa.

Apa itu Crimping?
Crimping adalah proses dimana sebuah kabel jaringan di proses agar mampu menjadi sebuah kabel jaringan yang utuh atau sempurna dalam mengalirkan paket data, arti singkatnya adalah membuat kabel jaringan. Ada 2 jenis kabel yang dipakai, yaitu :
  • Kabel Straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun sebaliknya.Dengan kata lain metode ini digunakan ketika kita akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih,tapi melalui perantara seperti hub ataupun switch.
  • Kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer lain,atau kabel ini ini digunakan kalau kita mau menghubungkan 2 komputer atau hub ke hub, dengan kata lain kabel cross di gunakan untuk menyambungkan dua perangkat jaringan yang sama.

Apa saja sih alat yang dibutuhkan untuk melakukan crimping?

Tang Crimping
Kabel UTP

RJ45

LAN Tester

Bagaimana Proses Crimping Copper Straight Over?
  1. Pertama siapkan kabel UTP, kupas ujung kulit kabel sekitar 2-3cm, sampai terlihat kabelnya ada “4 lilitan kabel”, setiap lilitan kabel punya 2 kebel yang terpisah artinya semuanya ada 8 kabel (4 x 2).
  2. Kemudian buka dan luruskan setiap lilitan kabel ( ingat jangan sampe tertukar / acak ) urutan kabel pada lilitan ada 8, yaitu ( Po O )-( Ph H )-( Pb B )-( Pc C).
  3. Kemudian urut dan luruskan. Setelah itu urutkan dan jadikan kabel menjadi Copper Straight over, dengan urutan ( Po O )-( Ph B )-( Pb H )-(Pc C ) <= ini urutan kabel Straight. Jangan sampai tertukar ataupun ada salah satu yang acak.
  4. Setelah itu lakukan hal yang sama pada ujung satunya lagi ( Ujung kabel pertama dengan Ujung kabel terakhir sama-sama Copper Straight Over ) , kemudian tes dengan Tools Tester.

Bagaimana Proses Crimping Copper Cross Over?
  1. Sedangkan untuk crimping copper cross over, lakukan mulai langkah 3 dengan langkah berikut. Urut dan luruskan kabel, setelah itu urutkan dan jadikan kabel menjadi Copper Straight over,dengan urutan ( Po O )-( Ph B )-( Pb H )-( Pc C ) <= ini urutan kabel Copper Straight Over.jangan sampai tertukar ataupun ada salah satu yang acak.
  2. Setelah itu lakukan Hal yang sama pada ujung satunya lagi, kupas dan urutkan, disinilah perbedaan nya terjadi, Ujung akhir pada kabel berbeda dengan Urutan kabel Copper Straight Over. Urut dan luruskan ujung kabel terakhir, setelah itu Urutkan dan jadikan kabel menjadiCopper Cross Over, dengan urutan ( Ph H )-(Po B)-(Pb O)-( Pc C ) <= Copper Cross Over. Jangan sampai tertukar ataupun ada salah satu yang acak.

Comments

Popular posts from this blog

Wireshark dan Cara Penggunaannya

Konversi Antar Sistem Bilangan

AT Command Tester