Sistem Digital

Pada saat ini, teknologi dalam bidang elektronika mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini terlihat pada penggunaan komponen tabung hampa, komponen diskrit dalam rangkaian elektronika yang beberapa tahun lalu digunakan sekarang telah tergantikan oleh system digital dan dalam peralatan digital penyajian data merupakan susunan angka-angka yang dinyatakan dengan bentuk digital (rangkaian digital).

Sistem Analog : meliputi peralatan yang mengolah besaran fisik yang diwakili dalam bentuk analog. Dalam system analog besaran itu beragam dalam nilai yang sinambung. Sebagai contoh amplitudo sinyal keluaran pengeras suara dalam pesawat penerima radio dapat memiliki nilai yang sinambung dari nol sampai ke nilai maximum yang mampu ditahannya.

Sistem Digital : adalah susunan peralatan yang dirancang untuk mengolah besaran fisik yang diwakili oleh besaran digital, yaitu oleh nilai diskrit. Peralatan itu pada saat ini umumnya merupakan peralatan elektronika. Meskipun dapat juga merupakan peralatan mekanik atau pneumatic. Sistem digital yang umum dijumpai antara lain adalah computer, kalkulator, dan jam digital.
Kelebihan system digital dibandingkan system analog diantaranya:1.Kemampuan memproduksi sinyal yang lebih baik dan akurat.2.Kemampuan untuk merancang suatu sistem digital yang lebih mudah karena kerjanya dikendalikan oleh program. Sistem analog juga dapat diprogram tetapi ragam dan kerumitan operasinya sangat terbatas.3.Penyimpanan informasi mudah dilakukan karena dapat dilakukan oleh rangkaianpengalih khusus yang dapat menyesuaikan informasi tersebut dan menahannya selama diperlukan.4. Mudah didesain, karena tidak memerlukan kemampuan matematika khusus untuk memvisualisasikan sifat – sifat rangkaian digital yang sederhana.5. Sistem digital lebih kebal terhadap noise. Perubahan tegangan yang tidak teratur tidak terlalu mengganggu seperti halnya dalam system analog. Dalam system digital nilai pasti untuk tegangan tidak penting sepanjang noise itu tidak sebesar sinyal tinggi atau sinyal rendah yang telah ditetapkan.6. Lebih banyak rangkaian digital yang dapat dibuat dalam bentuk chip rangkaian terpadu. Meskipun rangkaian analog juga dapat dibuat dalam bentuk IC, kerumitannya membuat system analog itu lebih mahal dalam bentuk IC.
Sistem digital disebut juga logika-logika kombinasional karena menggunakan kombinasi-kombinasi biner benar & salah yang menyerupai cara ketika menyelesaikan masalah. Selain itu, biasa disebut juga logika-logika sekuensial / terurut karena dengan system digital dapat digunakan langkah – langkah berpikir logis atau keputusan masa lalu (memori) dalam menyelesaikan masalah.
(dari berbagai sumber)

Comments

Popular posts from this blog

Wireshark dan Cara Penggunaannya

Konversi Antar Sistem Bilangan

AT Command Tester